Monday, March 15, 2010

Makanan yang harus dihindari saat hamil

 Makanan yang harus dihindari saat hamil


Aturan ‘emas” untuk diet saat hamil adalah makanlah diet yang seimbang. Itu artinya ibu hamil harus makan banyak buah-buahan dan sayuran, protein, karbohidrat, dan cairan yang cukup. Lantas apakah ada makanan yang perlu dihindari saat hamil? Jawabnya ya, ada. Kendati sedikit, makanan dan minuman itu harus diketahui agar kehamilan anda tidak dirusak olehnya. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari walau jangan sampai membuat anda takut makan saat hamil.

Junk Food

Junk food (makanan “sampah”) sama sekali tidak baik bagi ibu hamil. Makanan sejenis ini hanya menambah kalori (dan tambahan berat badan) tanpa manfaat nutrisi yang jelas. Karena itu, hindari donat dan lebih baik pilih apel saja.

Alkohol dan Kafein

Keduanya memang bisa dianggap barang “haram” buat para ibu hamil. Yang menjadi masalah, alkohol dan kafein mencegah penyerapan asam folik dan zat besi yang sangat penting untuk kehamilan. Sebaliknya, keduanya juga bertanggung jawab menyedot kalsium dari tulang ibu hamil. Belum lagi, efek buruknya terhadap janin yang bisa berakibat panjang.

Aditif (zat penambah)

Banyak makananterutama yang sudah diproses mengandung pengawet, penyedap, pewarna, dan bahkan hormone dan antibiotic. Kebanyakan aditif aman dikonsumsi saat hamil dan buktinya banyak ibu hamil tidak merubah dietnya dan tetap makan aditif. Tapi ada yang mesti diwaspadai, yaitu :
·         Monosodium glutamate (MSG) atau vetsin.
·         Zat pewarnam khususnya yang blue 1, blue 2, green 3, red 3, dan yellow 6
·         Olestra karena belum ditest secara memadai sehingga khawatir dapat berbahaya buat ibu hamil.
·         Sakarin dinilai kurang aman untuk kehamilan
·         Tambahan lemak, zat lemak yang ditambahkan untuk makanan.

Makanan yang tidak dipasteurisasi

Pasteurisasi menghilangkan bakteri dari makanan. Kebanyakan susu dan yoghurt di toko makanan sudah dipasteurisasi. Tapi banyak juga yang tidak dipasteurisasi seperti jus buah segar di kantin pinggir jalan atau keju dari susu mentah.
Sea Food
·         Ikan sehat untuk dimakan, tetapi ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari :
·         Kerang-kerangan karena mengandung bakteri.
·         Hiu, mackerel mungkin mengandung merkuri
·         Ikan yang ditangkap sendiri juga harus diwaspadai
·         Sushi dan sashimi
Daging mentah dan telur
Daging mentah dan telur beresiko dikonsumsi  saat hamil. Jadi jauhilah telur orak-arik dan telur setengah matang. Daging yang diawetkan dengan nitrit, daging dan ikan asap, serta salami juga mesti dihindari.

Waspada makanan kalengan

Waspadai makanan kalengan dan kardusan yang kelihatan sudah terlalu lama, atau rusak kemasannya.


No comments: