Saturday, February 13, 2010

Otak Kanak - Kanak

        Diantara semua penemuan di laboratium ilmu saraf pada tahun-tahun terakhir ini, mungkin yang paling tak terduga ialah penemuan bahwa kegiatan listrik sel-sel otak justru mengubah struktur fisik otak.

         Selama tahun-tahun pertama, Otak bayi menghasilkan bertrilyun-trilyun sambungan antar neuron yang banyaknya melebihi kebutuhan. Selanjutnya, otak akan memusnahkan sambungan (sinapsis) yang jarang digunakan atau yang tidak pernah di gunakan. Sinapsis yang berlebih mengalami pemangkasan drastic, yang dimulai pada usia 10 tahun. Sesudah ini, yang tinggal adalah otak yang pola emosi dan pola pikirannya unik, dalam arti baik maupun buruk.

          Bila tidak mendapatkan lingkungan yang merangsangnya, otak seorang anak akan menderita. Para peneliti di Baylor College of Medicine, misalnya, menemukan bahawa apabila anak-anak jarang di ajak bermain atau jarang disentuh, perkembangan otaknya 20% atau 30% lebih kecil dari pada ukuran normalnya pada usia itu

        Pengatahuan baru mengenai perkembangan otak ini…ada implikasinya yang mendalam bagi orang tua Hasil penelitian laboraturium itu mungkin semakin menambah kekhawatiran orang tua untuk menyerahkan pengasuhan anak-anak kepada orang lain pada usia sangat muda.

       Ada skala waktu bagi perkembangan otak, dan tahun yang paling penting adalah tahun pertama. Pada usia tiga tahun, anak yang diterlantarkan atau disia-siakan akan membawa cap yang sulit atau bahkan tidak dapat di hapus.Menurut para ahli perkembangan anak, kini sangat dibutuhkan program prasekolah yang bertujuan memperbesar daya otak anak.

       Akan tetapi, penelitian baru ini juga memberikan harapan. Kini makin jelas bahwa program prasekolah yang terencana dengan baik dapat membantu banyak anak mengatasi kekurangan parah akibat lingkungan keluarga.

        Banyak ilmuwan beranggapan bahawa dalam tahap-tahap pertama masa kanak-kanak terdapat sejumlah periode kritis dan sensitive. Pada periode “jendela”ini, Otak memerlukan beberapa masukan untuk menciptakan atau memantapkan struktur-struktur yang akan bertahan lama.

        Lonjakan terbesar perkembangan otak mulai berakhir pada usia kira-kira 10 tahun. Pelajaran apa yang dapat di tarik dari temuan-temuan baru itu?, Antara lain, jelas bahwa bahasa asing sebaiknya di ajarkan di sekolah dasar, atau bahkan di tingkat prasekolah. Bahwa pendidikan perbaikan akan lebih efektif pada usia tiga atau empat tahun daripada sesudah usia sembilan atau 10 tahun.

        Membacakan cerita sambil menyentuh, membelai dan memeluk anak yang mendengarkan dapat merupakan obat yang amat menyenangkan untuk menghilangkan kecenderungan inpersonal pada abad informasi ini baik bagi si anak maupun orang tua sendiri. Hillary R.Clinton

       Kalo orang mau memetik pelajaran satu saja dari banyak penemuan ilmiah yang mengagumkan itu  saya harap pelajaran itu adalah bahwa membacakan buku bagi anak – anak itu mudah  murah dan dapat dilakukan oleh setiap orang tua dari setiap tingkat pendidikan atau status ekonomi. Hillary R.Clinton.

( Dikutip dari majalah Time, Edisi 03 Februari 1997 )



No comments: