Wednesday, December 21, 2011

Mari Menghitung Biaya Hidup Anda ....






Pernahkah kita melakukan Financial Check Up ?
Pernahkah kita melakukan belanja secara membabi buta ?
Pernahkah kita terbelit hutang kartu kredit ?
Pernahkah kita over confidence dengan financial instrument
Pernahkah kita bekerja siang malam hanya untuk membayar bunga ?
Pernahkah gaji kita sudah habis sebelum waktunya ?
Pernahkah kita merasa kesulitan mengatur penghasilan ?

Bila mayoritas jawabannya ya ...
Maka kemungkinan anda berada dalam zona unbalance  financial Controlling

:: semakin besar penghasilan akan berbanding lurus dengan biaya::

Menyambut tahun 2012 yang sebentar lagi datang, sejumlah agenda sudah siap menanti kita  dalam menyiapkan masa depan yang lebih terukur dan pasti. Sebagai contoh agenda mengontrol biaya hidup kita setiap bulannya..memang sepele kelihatanya , tapi dengan melakukan pencatatan yang konsisten akan membuahkan data/statistik  untuk di analisa.
Analisa itulah yang menjadi dasar kita memutuskan sesuatu berdasarkan skala prioritas ( pisahkan mana yang wants dan need ) hee hee bila ini terasa sulit bersiaplah mengalami pemiskinan sistemik.
Ilustrasi perhitungan diatas saya gunakan dalam beberapa tahun kebelakang guna menghitung dan mengalanalisa tingkat pemasukan dan pengeluaran. pada awalnya sulit tapi begitu kita merasakan manfaat dari informasi perhitungan tersebut kita jadi lebih aware ( baca : peduli ) akan biaya hidup. Sungguh menggagetkan ternyata banyak biaya yang tidak perlu terjadi tapi ternyata harus dikeluarkan. well itu adalah pilihan, pilihan yang menempatkan kita pada kecerdasan financial sesungguhnya..
Keinginan untuk mencapai sesuatu bisa kita design melalui perhitungan ini , dengan langkah yang sederhana kita bisa merealisasi impian yang belum terwujud, selamat datang tahun 2012 .

No comments: